Cara Disain Aplikasi Web dengan PHP

Cara Disain Aplikasi Web dengan PHP untuk Proyek Perdana kita yaitu sistem pengelolaan data barang kita akan mulai sekarang. Sebelumnya pastikan semua tools yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi ini sudah siap ya. Kita akan berkenalan dengan tiga bagian disain untuk sebuah aplikasi web. Apa saja? Yuk disimak.

Cara Disain Proses Login Aplikasi Web dengan PHP


Kalau kita perhatikan dalam pembuatan sebuah web itu ada tiga komponen penting di dalamnya. Pertama adalah tampilannya atau disebut juga user interface. Kedua adalah proses pengolahan yang dilakukan. Dan yang ketiga adalah data yang digunakan dalam proses untuk tampilan. Jadi di sini, kita tahu ada tiga bagian yang harus dipersiapkan, tampilan, proses dan data.

Sekarang kita akan mulai melakukan disain untuk fungsi login seperti yang telah dijelaskan sebagai salah satu fitur di aplikasi sistem pengelolaan data barang. Kita akan ekplorasi dahulu apa yang dimaksud dengan login di sini.

Login adalah sebuah fungsi untuk verifikasi user apakah terdaftar di dalam sistem dan peran yang diberikan kepadanya. Setiap user akan memiliki nama user dan password untuk masuk ke dalam aplikasi. Datanya sudah ada di dalam sistem dengan keamanan tertentu. Sehingga setiap kali user akan mengakses fungsi di dalam aplikasi, user harus dipastikan sudah melalui fungsi login.

Dalam membuat design user interface, kita akan langsung menggunakan file html dengan menggunakan bootstrap. Secara umum, kita bisa gambarkan halaman login ini akan berisi sebuah form yang berisi field username dan password, serta sebuah tombol login. Kemudian untuk menjelaskan tampilan kita akan membuat menu sederhana yang berisi judul aplikasi. Lebih detil akan dijelaskan di artikel selanjutnya disain halaman login dengan html.

Disain selanjutnya terkait dengan data. Kita sengaja melompati disain algoritma karena dalam algoritma kita membutuhkan data untuk diposes sehingga kita selesaikan dulu disain data ini sebelum lanjut ke design proses.

Dalam disian proses, dari penjelasan tentang login, kita dapat perhatikan kebutuhan datanya seperti username, password, status, dan peran dari user di dalam sistem. Disain detilnya akan dijelaskan dalam artikel disain data proses login.

Dan tahapan terakhir adalah melakukan disain proses. Dalam tahapan ini kita melakukan rancangan algoritma untuk login,

Nama
Login
Deskripsi
Fungsi ini melakukan pemeriksaan terhadap username dan password yang dimasukan ke dalam sistem untuk memastikan data yang dimasukkan valid dan berhak untuk mengakses ke dalam aplikasi.
Input
Username dan Password dari User
Data User di Sistem

Output
Halaman Dashboard, atau
Informasi Kesalahan

Algoritma
MULAI
User memilih fungsi login
Sistem menampilkan halaman form login
User memasukan username dan password
Sistem memeriksa username
Bila username ada di dalam sistem
Sistem memeriksa password di dalam sistem
Bila password sama dengan yang tercatat di sistem
Sistem akan menampilkan halaman dashboard
Bila password tidak sama
Sistem akan menampikan informasi kesalahan login
Bila username tidak ada di dalam sistem
Sistem akan menampilkan infomasi kesalahan login
SELESAI

Demikian tahapan design kita. Selanjutnya kita akan masuk ke tahapan implementasi. Tahapan ini juga akan terbagi atas 3 bagian yaitu, implementasi user interface, implementasi data dan implementasi algoritma proses dalam coding.

Comments